• Jl. Pasir Kandang No 4 Kota Padang

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email info@umsb.ac.id

Prodi Farmasi UMSB Ikuti Pelatihan Apoteker sekaligus Jalin Kerjasama

[HUMAS-UMSB] Program Studi Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) cabang Padang-Mentawai mengadakan pelatihan Resertifikasi Kompetensi Apoteker Melalui Aplikasi “SIAP” pada hari Sabtu 07 Februari 2020 di Convention Hall kampus UMSB.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Agus Sulaeman, MSi, Apt. selaku ketua tim managemen aplikasi “SIAP” pengurus pusat IAI dengan moderator Siti Khairuni Hidayati SSi, Apt (Sekertaris Pengurus Daerah IAI Sumatera Barat). Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari para apoteker di provinsi Sumatera Barat, pengurus cabang IAI di kota dan Kabupaten, Pengurus Daerah, dan Perwakilan mahasiswa farmasi di kota Padang.

Acara ini tampak dihadiri oleh Pimpinan UMSB yaitu Wakil Rektor 1 Dr. Wedi Nasrul, MPd. Sekaligus membuka Pelatihan Apoteker ini, perwakilan dari BBPOM padang, Dinas Kesehatan Propinsi SUMBAR, beserta Dekan Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Dr. Firman Hidayat MT.

Sambutan dari Ketua Prodi Farmasi UMSB, Dr. Fifi Harmely, SSi, Msi, Apt. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan forum silaturahmi dan kerjasama antara organisasi profesi dengan perguruan tinggi yang perlu dibina dan ditingkatkan untuk kemajuan profesi apoteker.

Selanjutnya sambutan dari Ketua pelaksana Afdhil Arel, M.Farm, Apt. yang juga menjabat sebagai ketua IAI Pengurus Cabang Kota Padang-Mentawai menyampaikan bahwa aplikasi “SIAP” yamg digunakan untuk resertifikasi kompetensi apoteker, merupakan aplikasi online yang digunakan sebagai instrumen pelayanan keanggotaan, informasi dan komunikasi bagi pengurus kepada anggota ataupun sebaliknya.

Photo bersama peserta Pelatihan Apoteker

Pelatihan ini sangat diperlukan oleh profesi apoteker untuk resertifikasi kompetensi yang merupakan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh seorang apoteker. Dr. Agus Sulaeman MSi, Apt Ketua Tim Managemen “SIAP” menyatakan bahwa aplikasi “SIAP” mulai dikembangkan sejak 15 November 2018 yang merupakan realisasi dari point penting yang tercantum didalam AD/ART IAI yaitu pemanfaatan teknologi dan informasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada seluruh anggota.

“Aplikasi ini menyediakan beberapa jenis pelayanan, mulai dari pendaftaran anggota, media sosial, rekomendasi resertifikasi, laporan satuan kredit partisipasi (SKP), informasi kegiatan organisasi dan regulasi terkait. Melalui aplikasi ini para anggota bisa merasakan beragam manfaat seperti efisiensi waktu, efektifitas proses pengisian formulir elektronik (E-filling), mendapatkan informasi yang terbaru, Mendapatkan informasi tentang praktek ke profesian, dapat digunakan sebagai sosial median dan ada feed back antar anggota. Ungkapnya.

“Secara bertahap aplikasi ini akan diterapkan secara masif di masing-masing daerah dengan moto “Cepat, Mudah, Efisien”. Diharakan aplikasi “SIAP” dapat memenuhi kebutuhan pelayanan anggota secara lebih efektif dan efisien kata beliau menambahkan. Pungkas Agus Sulaeman. (Humas UMSB Padang)